Cireng (Aci Goreng)

Nunggu-nunggu jam buka puasa yang terlintas di otak kok ndilalahnyya makanan melulu ya…Kacau banget deh. Tiba-tiba kepikiran salah satu cemilan jaman SD dulu yang paling banyak penggemarnya (di sekolah saya lho!;P)…Coba tebak!!

Donat?Bukan!Bakso??Bukaann!! Siomay???Bukaaan jugaaa!!! Jadi apa donk???!!!

Jawabannya adalah cireng alias aci goreng…Iiih apaan tuuuh??? Ada yang tiba-tiba mikir gitu nggak sih?? Yah, maklum deh, SD-nya dulu di pingiran Jakarta alias Jakarta coret. Jadi cemilan model begini deh yang ditemuin.

Setelah coba mengingat-ingat dan membongkar tas akhirnya ketemu juga block notes yang isinya resep cireng dari temenku (mbak Opi, red). Udah dicobain di acara arisan ibu-ibu camp dan hasilnya ludes tak bersisa (ini doyan atau laper ya??Hehe)

Buat yang mau bernostalgila dengan cemilan jaman SD-nya, aku bagi nih resepnya. Selamat mencoba yaa!

Cireng (Aci Goreng)

Bahan Biang:

  • 75 gram tepung sagu
  • 225 ml air panas

Bahan:

  • 210 gram tepung sagu
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 6 siung bawang putih, dihaluskan
  • 3/4 sdt garam
  • 3/4 merica
  • 1,5 sdt kaldu ayam bubuk
  • 3/4 sdt bubuk kare
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campur secara merata tepung sagu sebanyak 210 gram dengan irisan dau bawang putih halus, garam, merica, kaldu bubuk dan bubuk kare.
  2. Tuangkan air panas secukupnya sedikit demi sedikit ke dalam adonan agar tidak menggumpal hingga adonan teasa lengket.
  3. Setelah bumbu merata dalam adonan, kemudian tuang kembali tepung sagu sebanyak 75 gram (bahan biang) sedikit demi sedikit ke dalam adonan yang telah dibumbui di atas sambil terus diuleni dengan sendok atau tangan.
  4. Masukkan sisa air panas sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil terus diuleni.
  5. Setelah adonan kalis, kemudian bentuk adonan dengan menggunakan sendok untuk selanjutnya digoreng dengan menggunakan api sedang. Akan lebih baik jika sebelum digoreng, adonan dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu (sekitar 1 jam) agar cireng tidak terlalu menyerap minyak ketika digoreng. 
  6. Sajikan selagi hangat dengan ditemani sambal botol (saya suka merek Belibis..wah kok jadi promosi ya!) ataupun sambal pecel.

One Response

  1. makasih yah untuk bagi2* resep ini :-)
    kebetulan saya dari dulu pingin sebab di sinni harus segala bikin :-(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: